Sunday, June 7, 2015

Sukmawati: Sukarno Lahir di Surabaya Lalu Pindah ke Blitar

Jakarta - Putri Presiden RI pertama Sukarno, Sukmawati Soekarnoputri menegaskan ayahnya lahir di Surabaya. Ia menepis jika ada literatur atau sumber yang menyebut Sang Proklamator lahir di Blitar.

"Beliau lahir di Surabaya. Jelas, itu jelas. Bukan lahir di Blitar, salah itu," kata Sukmawati saat dihubungi, Sabtu (6/6/2015).

Dia menjelaskan Sukarno lahir saat kakeknya Raden Soekemi Sosrodihardjo yang sebagai guru mengajar di Surabaya. Hingga beberapa tahun sebelum pindah, ayahnya sejak lahir menurut dia tinggal di Kota Pahlawan.

"Ayahnya bapak mengajar di Surabaya sampai beberapa tahun. Bapak jadinya tinggal di Surabaya sampai beberapa tahun itu," ujarnya.

Sukmawati mengklarifikasi adanya pernyataan bahwa ayahnya dari kecil berada di Blitar. Menurutnya, setelah Surabaya, kakeknya mendapat pekerjaan mengajar di daerah Jawa Timur lain seperti Blitar. Tawaran ini diterima Soekemi.

"Jadi, itu yang benar. Lahir di Surabaya, terus kakek saya ada tawaran mengajar di Blitar ya sudah pindah. Bapak ikut dibawa. Waktu itu kan (Soekemi) kalau ngajar pindah-pindah," tuturnya.


http://news.detik.com/read/2015/06/06/211834/2935334/10/sukmawati-sukarno-lahir-di-surabaya-lalu-pindah-ke-blitar

No comments:

Post a Comment