Sunday, June 7, 2015

Guruh: Sukarno Lahir Juni 1901 Bukan 1902


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun dan kota kelahiran Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno tengah menjadi perbincangan media dan masyarakat.
Hal ini berawal dari pidato Joko Widodo (Jokowi) yang mengatakan Soekarno lahir di Blitar. Padahal, Bapak Proklamator Indonesia itu lahir di kota Surabaya.
Sementara terkait tahun kelahiran, putra Soekarno dari pernikahannya dengan Fatmawati, Guruh Soekarnoputra, menyatakan Ayahnya lahir pada 6 Juni 1901.
"Tahun 1901," tegasnya kepada Republika saat ditanya kepastian tahun kelahiran Ayahnya, Sabtu (6/6).

Sebelumnya beredar foto yang menunjukan catatan akta, yang diduga berasal dari buku induk ITB. Dalam akta itu tercatat Sukarno lahir pada 6 Juni 1902. Hal ini berbeda dengan yang selama ini diketahui publik bahwa Proklamator itu lahir pada 1901.
Simpang-siur terkait tempat kelahiran Bung Karno, sapaan akrab Soekarno, juga sempat menjadi perbincangan usai pembacaan Pidato Presiden Jokowi, Senin (1/6) lalu.
Dalam pidato di Blitar tersebut, Jokowi menyebut tempat lahir Soekarno adalah di Blitar. Pidato ini memicu berbagai reaksi publik. Sebagian besar menyalahkan Presiden yang dinilai salah menyebutkan informasi.
Selama ini, publik memahami bahwa Soekarno lahir di Surabaya. Pengusutan akurasi data kelahiran Soekarno pun akhirnya merambah hingga ke tahun kelahirannya.


http://www.republika.co.id/berita/nasional/politik/15/06/06/npiu12-guruh-sukarno-lahir-juni-1901-bukan-1902

No comments:

Post a Comment